DEFINISI START UP PADA WINDOWS XP

Definisi start up pada windows xp adalah sebuah computer yang pertama kali di jalankan, computer akan melakukan suatu pemprosesan yang di sebut booting. Booting  tersendiri memiliki tahap proses  yaitu :

  1. BIO S menjalankan proses “ power  on self test ( POST ), selama post yaitu melakukan pengetesan terhadap komponen – komponen seperti ( hardware ) ,adapter ,  memori, hardisk, dan keyboard.
  2. Tahap yang pertama kali di cek adalah adapter display ( built in test routine ), kita bisa melihat  layar  monitor dengan hanya menampilkan layar display adapter.
  3. Setelah selesai  menjalankan built on routine display adapter, bios kembali menjalankan 
    POST routine dan kita bisa melihat tampilan utama POST di monitor
  4. POST melakukan pengetesan terhadap monitor
  5. setelah pengecekan prosesor selesai, kita bisa masuk ke menu bios  biasanya menekan tombol DEL atau F2.
  6. Misalkan kita tidak masuk ke menu bios,maka proses booting  bisa melalui pengecekan terhadap memory yang di install
  7. Bios kemudian melalui pengecekan terhadap hardware seperti hardisk, flopy disk, dan floppy disk.
  8. Jika koneksi tidak sesuai dengan setingan yang terdapat pada BIOS, maka proses booting akan berhenti dan kita harus kembali masuk ke menu BIOS untuk membetulkannya.
  9. Ketika semua proses data di atas sudah terlewati dengan baik.maka  bios akan menampilkan ringkasan hardware di layar
  10. BIOS kemudian memanggil “ BIOS operating system bootstrap interrupt “ yang akan menemukan bootable disk dengan mencoba me-load setiap disk yang dikonfigurasi sebagai “bootable disk” pada settingan BIOS.
  11. Setelah bios menemukan “bootable disk”, kemudian me-load program yang terdapat pada “Master Boot Record (MBR)” dari disk ke dalam memori komputer. Misalkan MBR tersebut terdapat pada partisi yang terinstall system operasi windows XP, maka proses kemudian akan berpindah dari proses “Start up Computer” ke proses “Start Up Windows XP”.

 

SEMOGA MUDAH DI PAHAMI J

Tinggalkan komentar