DEFINISI MOUSE

Pengertian mouse

Mouse merupakan perangkat pengendali pergerakan kursor atau pointer pada layar moniter dengan menggerakkan atau menggesernya pada permukaaan datar. Namun mouse berasal dari bentuk yang unik menyerupai tikus dan kabel yang menghubungkan terlihat seperti ekor tikus. Jika anda menggerakkan mouse, maka pointer pada layar akan bergerak dengan arah yang sama. Pada mouse terdapat paling tidak 1 tombol, umumnya terdapat 2 tombol, ada juga mouse dengan 3 tombol.

Tombol – tombol tersebut akan mempunyai  fungsi yang berbeda tergantung pada program aplikasi yang berjalan. Mouse saat ini menyertakan roda penggulung ( scroll wheel ) untuk menggulung dokumen yang panjang.

Gambar

Douglash engelbart

Mouse ditemukan oleh Douglas Engelbart di Stanford Research Center pada tahun 1963, dan dimotori oleh Xerox pada tahun 1970, mouse menjadi lompatan besar dalam ergonomi komputer karena mouse membebaskan user secara luas dari pemakaian keyboard. Dengan kata lain mouse adalah sangat penting bagi antarmuka GUI (Graphical User Interface) karena anda tinggal mengarahkan pada objek lalu klik tombol mouse atau disebut dengan istilah point-and-click. Mouse juga sangat berguna pada aplikasi grafis yang memungkinkan kita membuat coretan gambar menggunakan mouse layaknya menggunakan pen, pensil, atau kuas.

Jenis – jenis  mouse yang di gunakan pada computer ada berbagai macam yaitu :

1. Mouse mekanik, yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut

Gambar

Mouse mekanik

2. Mouse optical, mouse optical memanfaatkan sensor cahaya untuk mengendalikan pergerakannya. Mouse jenis ini lebih leluasa dan praktis dalam menggunakannya.

                                                                     Gambar

3. Mouse wireless, mouse wireless tidak menggunakan kabel untuk menyalurkannya ke computer. Mouse jenis ini menggunakan teknologi Bluetooth maupun frekuensi radio sebagai media penyalurannya dengan banyaknya pengguna.

Gambar

Sumber :  http://www.wazy84.com/jenis-jenis-mouse-atau-tetikus

: http://rajacara.wordpress.com/2011/07/25/mouse-dan-jenis-jenis-mouse/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s