PERANGKAT INPUT/ INPUT DEVICE

          Di dalam sebuah computer pasti membutuhkan suatu perantara antara user dengan si computer tersebut . tanpa adanya input , kalian tidak bisa mengakses ke aplikasi yang akan kalian jalankan. Jadi definisi  input device yaitu sebuah alat yang di gunakan atau berfungsi untuk menginput atau memasukkan data ke dalam computer .

           Pengertian keyboard

             jadi Pengertian keyboard  merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan computer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf , angka , karakter khusus serta sebagai media bagi user ( pengguna ) untuk melakukan  perintah – perintah lainnya yang di perlukan,seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptan keyboard computer berasal dari model mesin ketik yang di ciptakan dan di pantenkan oleh crhistopher lathdam pada tahun 1868, dan pada tahun 1887 di produksi dan di pasarkan oleh perusahaan Remington. Keyboard yang di gunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini di resmikan sebagai keyboard standar ISO. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal miliki beberapa jenis port, yaitu port serial,  ps2, usb , dan wireless.

Berikut  Jenis – jenis keyboard :

  1. QWERTY

 Gambar

Gambar

        Pada keyboard QWERTY ini di temukan oleh scholes , Gilden dan Soule pada tahun 1878 , dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905, QWERTY di ambil dari 6 huruf berurutan pada baris kedua  dari tombol alfanumerik tersebut. Keyboard QWERTY di desain sedemikian rupa sehingga key yang paling banyak  sering di tekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik ( pada mesin ketik mekanik ). Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contoh paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.

    2. Keyboard DVORAK

 Gambar

Keyboard DVORAK ( 1932 ), dimana susunan hurufnya di susun sedemikian rupa sehingga tangan kanan di bebani lebih banyak pekerjaan dibandingkan dengan tangan kiri. Selain itu , tata letak Dvorak di rancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga  bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan ( lebih ergonomic ). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efesien  10 – 15 persen di banding dengan tata letak QWERTY.

    3.Keyboard KlockKENBERG

 

 

      Gambar              

      Gambar                                                                                                                                                                           

Keyboard ini di buat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang suda ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard  ( bagian kiri dan kanan ). Bagian kiri dan kanan keyboard yang di pisahkan dengan sudut 15 derajat dan di buat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKKENBERG mempunyai tombol – tombol yang dibuat lebih dekat ( tipis ) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini , selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga di rancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikannya relative lebih banyak memakan ruang.

4. Keyboard maltron

 

Gambar

Tak seperti pada umumnya yang datar, keyboard ini di buat aggak cekung ke dalam dengan pertimbangan bahwa pada saat jari – jari di posisikan akan mengetik, maka jari – jari itu di jamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya di gunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa. Dengan mengetik di keyboard biasa , maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini di klaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI ( Repetitive stress injuries ). Sementara , dengan menggunakan maltron , keyboard ini lah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini . maltron menjamin kenyamanan jari tangan saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan keceptan mengetik sebab yang di pindahkan adalah 10 jari bukannya 8 jari.

5. Keyboard Numeric 

 

Gambar Gambar

Untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numeric ini ( numeric keypad ) yang tata letak tombol – tombolnya dapat di jangkau oleh tangan.

Sumber :  http://rudihd.wordpress.com/2007/05/21/perangkat-keras-komputer-input-device/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s