SCANNER

Pengertian scanner

Scanner merupakan suatu perangkat computer. Scanner merupakan alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya mesin fotokopi kedalam bentuk digital. Scanner menduplikat objek tersebut menggunakan sebuah sensor yang ada pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan , maupun gambar dari objek yang di scan tersebut dan dikirim ke computer dalam bentuk digital. Scanner adala perangkat yang sangat membantu. Dengan adanya scanner. Kita bisa menduplikat hardcopy seperti makalah, kertas, foto dalam bentuk digital ke computer . jadi ketika foto itu hilang, atau robek, kita masih punya simpanannya di computer.

Dalam scanner terdapat sebuah sensor. Sensor tersebut mendeteksi struktur, seperti : tulisan, warna gelap , terang  dan dalam bentuk benda.

Dalam scanner terdapat sebuah sensor. Sensor tersebut mendeteksi struktur, seperti tulisan, warna, gelap, terang, dan bentuk benda. Setelah itu scanner mengirimkan hasil dari scan tersebut ke komputer dalam bentuk digital. Agar hasil scan tersebut bisa diedit atau disimpan dalam komputer.

Untun koneksi antara komputer dan scanner, bisa menggunakan beberapa interface seperti

  1. Parrarel.
  2. GPIB (General Purpose Interface Bus).
  3. SCSI (Small Computer System Interface).
  4. USB (Universal Serial Bus).
  5. Fireware.

Scanner tersendiri memiliki beberapa macam jenis. Seperti :

1. Flatbed Scanner.

 

Gambar

Scanner jenis ini merupakan scanner yang umum digunakan oleh orang. Scanner ini mempunya bentuk panjang dan sedikit tebal. Scanner ini terdapat sebuah kaca tembus pandang yang digunakan scanner untuk menscan.  Scanner ini biasa digunakan untuk menscan gambar, kertas, ataupun dokumen lainnya. Meskipun demikin scanner ini juga bisa digunakan untuk menscan benda seperti patung kecil. Hanya saja scanner ini tidak mampu atau tidak cocok untuk menscan objek 3 dimensi.

 

 

 

2. Automatic document feeder.

 

Gambar

 

Jenis scanner yang satu ini merupakan scanner yang bentuknya mirip dengan printer. Scanner ini biasanya terdapat juga pada printer all in one, mesin fax, dan mesin foto kopi. Jenis scanner ini menscan dokumen layaknya sebuah printer. Yang dimana kertas yang ingin discan bisa diletakkan semuanya ke baki penampungan kertas, dan scanner tersebut akan otomatis mescan kertas satu per satu.

 

 

3. Scanner Drum.

 

Gambar

Scanner ini mempunyai cara menscan dengan memutarkan kertas atau foto yang telah dimasukkan ke dalam drum scanner tersebut. Scanner ini memproduksi hasil scan yang sangat bagus dan cocok untuk menscan foto.

Sumber : http://www.techinfo.web.id/2011/01/pengertian-scanner.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s