PRINTER

Printer merupakan output device yang sangat terkait di dunia percetakan atau salah satu hardware yang terhubung ke komputer dan berfungsi untuk mencetak tulisan gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Istilah yang di kenal pada resolusi printer di sebut DPI (Dot Per Inch).maksudnya adalah banyaknya  jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi  resolusinya  maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan, akan tetapi jika resolusinya rendah maka hasil cetakan tersebut akan buruk / tidak bagus.

Berikut macam – macam printer

1. Printer daisly whel

Mesin ketik tanpa menggunakan keyboard . printer  jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan. Oleh pemakai , piringan ini bisa di ganti – ganti sesuai  jenis huruf yang di inginkan. Cara kerjanya relatif sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik, listrik. walaupun begitu , kualitas huruf yang di tampilkan sangatlah bagus. Kelemahan dari printer ini adalah tidak bisa di gunakan untuk mencetak gambar atau grafik.

Pada saat mencetak, mekanisme dari printer akan memutar piringan sehingga posisi huruf yang di butuhkan bisa tepat pada tempat yang di butuhkan. Pada posisi itu, hammer (palu/pemukul ) akan menekan huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita (karbon) dan kemudian di teruskan di atas  yang berada di balik karbon/pita. Terjadilah huruf demi huruf.

Di karenakan cara mencetak jenis printer ini berdasarkan huruf demi huruf , maka printer ini juga di kenal sebagai character – printer. Kecepetan relatif lambat, yaitu berkisar 40 hingga 100 character per – second.

 2. Dot matrik

Printer Dot-Matrix merupakan pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.

Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertikal dan membentuk suatu sebuah kolom . pada saat berkerja, jarum ini akan bekerja membentuk character images melalui gesekan – gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80 adalah 80 persecond.

Printer jenis ini tergolong jenis printer yang mencetak ke kertas dengan cara “langsung”. Artinya, head printer langsung “mengetuk” pita tinta yang berhadapan sama kertas. Keuntungannya, cara kerja dot matrix yang mirip mesin tik ini bisa diaplikasiin juga buat pencetakan beberapa kertas sekaligus, dengan kertas karbon yang diselipkan di tiap halaman kertas.

Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.

Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.

Printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

3. Printer ink jet

Printer ink jet merupakan sebuah alat cetak yang sudah di gunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer injek ini tidaklah sama, tergantung pada injek printer, hasil cetakan lebih lama keringnya di bandingkan dengan laser printer.

Pada pertengahan 1980-an Tinta printer diperkenalkan. Ini telah yang paling banyak digunakan dan printer populer sejauh ini. Warna pencetakan punya printer inkjet merevolusi setelah diciptakan. Seorang kepala printer Inkjet memiliki nozel kecil, yang sangat kecil tempat tetesan tinta pada kertas untuk menciptakan sebuah gambar. Titik ini sangat kecil bahkan diameter rambut manusia lebih besar. Titik-titik ini ditempatkan tepat dan dapat sampai dengan resolusi 1440 x 720 per inci. Kombinasi yang berbeda dari cartridges tinta dapat digunakan untuk printer tersebut.

Cara kerja ink jet printer ini yaitu kepala cetak printer ini secara horizontal scan halaman bolak – balik dan perakitan motor lain gulungan kertas di strip vertikal dengan demikian suatu strip di cetak pada suatu waktu. Hanya setengah detik di ambil untuk mencetak strip. Printer ink jet ini sangatlah populer karena kemampuan untuk mencetak warna. Kebanyakan ink jet menggunakan teknologi thermal. Kertas foto copy biasa dapat di gunakan pada printer ini tidak seperti kertas thermal yang di gunakan untuk mesin fax. Panas yang di gunakan untuk api tinta ke atas cetak melalui kepala. Beberapa kepala cetak dapat memiliki hingga 300 nozel. Tahan panas dan tinta berbasis air yang di gunakan untuk printer tersebut.

4. Laser printer

Terbaru dan tercepat adalah Laser Printers printer. Mereka menggunakan prinsip listrik statis untuk dicetak itu seperti pada mesin fotokopi. Prinsip listrik statis adalah bahwa hal itu dapat dibangun pada objek terisolasi. Malah benda atom yang bermuatan (positif dan negatif) yang tertarik satu sama lain dan melekat bersama-sama. Misalnya, potongan-potongan bahan nilon menempel di tubuh Anda, atau statis Anda dapatkan setelah menyikat rambut. Sebuah printer laser menggunakan prinsip yang sama ini untuk lem tinta di atas kertas.

Cara kerja laser printer yakni Berbeda dengan printer sebelumnya, printer laser menggunakan toner, listrik statis dan panas untuk membuat gambar di atas kertas. Toner tinta kering. Ini berisi plastik warna dan partikel. Yang toner melewati fuser di komputer dan panas yang dihasilkan itu mengikat untuk semua jenis kertas. Percetakan dengan laser printer yang cepat dan non-noda dan kualitas sangat baik karena resolusi tinggi yang dapat mencapai dengan 300 titik per inci untuk hampir 1200 dpi pada akhir yang lebih tinggi.

Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

Mungkin definisi lengkapnya seperti berikut Printer atau pencetak adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas.

Di bawah ini ada bagian bagian printer yang mungkin belum anda ketahui. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu :

  • Tray ialah tempat untuk menaruh kertas.
  • Picker sebagai alat untuk mengambil kertas dari tray.
  • Tinta atau toner adalah alat pencetak yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas. Tinta dan Toner memiliki perbedaan pada sistem. Toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
  • Kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat.
  • Pada bagian belakang printer biasanya ada Port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.

Saat ini, merek produk printer yang banyak di gunakan di antaranya ialah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk jenisnya, printer memiliki bebarapa jenis di antaranya Printer Dot matrix, Printer ink jet, dan Printer laser

Sumber  http://sherlygreenlee.blogspot.com/2010/11/macam-macam-printer.html

http://ml.scribd.com/doc/46073688/Pengertian-Printer

http://adengbalawan.wordpress.com/2010/11/08/jenis-jenis-printer-dan-cara-kerjanya/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s