ARSITEKTUR PROCESSOR TERHADAP DOTHAN, NEHALEM, DAN SANDY BRIGDE

1. DHOTAN

intel meluncurkan pentium M, sebeleumnya pentium M di kenal sebagai dothan. dinamai satu kota kuno di israel, pada tahun 2004 pada bulan mei.

Intel Pentium M adalah sebuah mikroprosesor Intel x86 yang didesain oleh Intel untuk digunakan secara eksklusif untuk komputer portabel, semacam Notebook atau PC Tablet. Pentium M pertama kali dirilis pada bulan Maret 2003, bersamaan dengan chipset Intel 855, dan kartu adapter jaringan Intel PRO/Wireless 2100 Mini PCI, yang kemudian lazim dikenal dengan sebutan Intel Centrino jika ketiga komponen tersebut disatukan dalam satu sistem.

Inti dari Pentium M merupakan desain dari para pengembang mikroarsitektur prosesor Pentium III yang efisien dan Pentium 4 yang gegas. Tentu saja, Pentium M juga menawarkan sesuatu yang lebih dari pada kedua pendahulunya itu, seperti hal-hal berikut ini:

  • Penggabungan micro-operation (oleh Intel disebut dengan Micro-operation fusion). Hal ini akan mengakibatkan throughput yang lebih tinggi dengan menggunakan daya yang rendah.

Hasil desain tersebut, menjadikan Pentium M menawarkan performa yang sebanding, atau bahkan lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Pentium 4, dengan tetap menekan penggunaan daya dan juga menekan terjadinya panas berlebih.

Sumber : http://blog.student.uny.ac.id/nazilatul/2011/01/06/perkembangan-perangkat-keras/

2. NEHALEM

Nehalem merupakan nama kode untuk sebuah arsitektur mikroprosesor  INTEL, penerus mikro arsitektur core. dengan arsitektur nehalem yang pertama kali keluar di desktop ialah Core i7, pada november 2008. Diikuti beberapa xeon processor lalu i3 dan i5. Teknologi nehalem di miliki oleh processor core i7, core i5, dan core i3.

Core i7 QM

Processor notebook core  i7 QM memiliki kemampuan tertinggi. Tidak ada VGA di dalam processor ini, memiliki 4 inti processor (quad core ), berkecepatan tinggi, dan turbo boost adalah andalan utamanya. Processor dengan 4 core dan hyper – threading ini akan di deteksi windows seakan memiliki 8 inti processor.

Core i7 M

Prosesor ini adalah Arrandale (2 inti prosesor) dengan performa terbaik. Teknologi 32 nm membuatnya bekerja dengan suhu relative rendah. Kecepatan tinggi, Hyper-threading, dan Turbo boost membuatnya memiliki performa tinggi. Apabila dipadu dengan VGA tambahan, notebook berbasis Core i7 M akan menjadi pilihan yang sangat baik bagi pencinta performa tinggi. Kemampuannya bahkan dapat bersaing dengan Core i7 QM. Tentu saja, dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Core i5 M

Notebook dengan prosesor ini memang memiliki 2 inti prosesor (dual core). Akan tetapi, tersedianya Hyper-threading membuatnya tampil seakan memiliki 4 inti prosesor. Turbo boost menjadi andalannya dalam hal performa. Sementara itu, VGA terintegrasinya sudah mencukupi untuk pemutaran film HD 1080p, bahkan film Blu-Ray. Jika perlu, beberapa game 3D ringan pun bisa dimainkannya. Jika Anda menginginkan performa tinggi dengan mobilitas baik, Core i5 adalah pilihan yang baik. Harganya pun tidak mencekik.

Core i3 M


Meski tidak dilengkapi Turbo boost, performa Core i3 tetap memikat. Hyper-threading membuat kemampuannya dapat dipakai secara maksimal. VGA-nya pun sudah lebih dapat diandalkan dibandingkan VGA onboard terdahulu. Jika dana Anda terbatas namun menginginkan performa dari arsitektur terbaik Intel, Core i3 adalah pilihan yang jauh lebih unggul dibandingkan Core2 Duo.

Sumber : http://nafar14.blogspot.com/2011/12/pengertian-nehalem.html

http://blog.student.uny.ac.id/nazilatul/2011/01/06/perkembangan-perangkat-keras/

3. Sandy Brigde

Sandy brigde merupakan sebuah code nama untuk keluarga processor terbaru dari intel. Nama resmi untuk sandy brigde adalah processor intel core generasi kedua. Generasi pertama intel core adalah core i3, i5, dan i7 yang sudah lama berada di pasaran.

Untuk komputer desktop, intel meluncurkan beberapa seri processor, seperti core i7-2600, core i5- 2500, i5-2400, i5-2300 dan core i3-2100. Sementara notebook, tersedia  i7-2900, i7-2800, i7-2700, i7-2600, i7-2500, i5-2400, i3-2300. Sudah cukup pusing? Tiap-tiap seri tersebut mempunyai beberapa varian (K, S, dan T untuk desktop, XM, QM, dan M untuk mobile) dan angka tambahan (contohnya, Core i7-2600 yang terbagi menjadi i7-2635QM, i7-2630QM, i7-2649M, i7-2629M, i7-2657M, dan i7-2617M). Tenang, Anda bisa melihat perbedaan antara semua prosesor ini di tabel spesifikasi

Seri Intel Core i3 terbaru dijadwalkan untuk diluncurkan di kuartal kedua tahun ini. Target harga untuk prosesor Intel Core i3 diperkirakan sekitar US$ 100 ke bawah.

arch1 300x196 Apa yang Anda perlu Ketahui tentang Sandy Bridge news komputer

Inilah feature-feature yang dimiliki prosesor Intel Core generasi kedua.

Graphics Chip di dalam Prosesor
Perbedaan utama yang paling kentara antara prosesor generasi kedua Intel Core dengan versi pertama adalah graphics chip yang kini terintegrasi di dalam prosesor. Generasi sebelumnya menempatkan graphics chip di modul yang sama dengan prosesor, tetapi secara fisik keduanya tetap terpisah. Selain itu, Anda membutuhkan graphics card tambahan terpisah untuk prosesor quad core. Dengan Sandy Bridge, Anda tetap dapat menggunakan graphics card terintegrasi, bahkan dengan prosesor quad core sekalipun.

Quick Sync

Feature yang paling banyak mendapat perhatian dari Sandy Bridge adalah Quick Sync. Ini adalah built in hardware video encoder di dalam die prosesor, tapi tetap terpisah dari core. Kini, Anda tidak perlu membebani prosesor saat melakukan video encoding untuk film-film yang Anda ingin transfer ke iPad, iPod ataupun peralatan lainnya yang dapat memutar video H.264.

Untuk dapat memanfaatkannya, Anda harus memiliki hardware (prosesor Intel Core generasi kedua) dan software yang diperlukan. Saat ini, software yang dapat memanfaatkan feature ini adalah Cyberlink Media Espresso 6 dan Arcsoft’s Media Converter 7.

Chipset Baru untuk Prosesor Baru

Baik prosesor versi desktop maupun mobile Sandy Bridge memerlukan chipset baru. Selain itu, layout soket dan pad prosesor ini berbeda dengan generasi sebelumnya. Singkat kata, Anda tidak dapat memasang prosesor ini pada motherboard lama. Bila ingin menggunakan prosesor dengan platform Sandy Bridge, Anda harus membeli motherboard baru yang saat ini tersedia dalam dua pilihan chipset; yaitu Intel P67 dan H67.

LGA1056 1055.jpg 300x154 Apa yang Anda perlu Ketahui tentang Sandy Bridge news komputer

 perbedaan fisik antara LGA 1056 (kiri) dan LGA 1055 (kanan).

Perbedaan utama antara chipset P67 dan H67 terletak pada dukungan output graphics card (VGA). Bila ingin menggunakan graphics chip yang terintegrasi dengan prosesor, Anda harus memakai H67. Sebaliknya, bila ingin melakukan overclocking, Anda harus menggunakan chipset P67.

Sumber : http://www.yangcanggih.com/2011/02/10/apa-yang-anda-perlu-ketahui-tentang-sandy-bridge/

http://en.wikipedia.org/wiki/Sandy_Bridge_(microarchitecture)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s